Satu Hati Satu Semangat Tarakanita

Posted by : Unknown Rabu, 16 September 2015

Dalam rangka meningkatkan kepekaan dan kepedulian para peserta didik terhadap lingkungan dan sesama, para siswa kelas IX KPKC telah melaksanakan Day of Solidarity (DOS) di Gedung Damian, Gereja St. Odilia, Citra Raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (12/09). Dalam kegiatan ini, para siswa mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan Gereja St. Odilia, Citra Raya. 

Sebelum melaksanakan kegiatan, para siswa telah mengumpulkan dana untuk membantu pelaksanaan kegiatan. Dana ini dikumpulkan secara sukarela dengan menyisihkan sebagian dari uang sakunya. Pengumpulan dana ini dilaksanakan setiap Hari Selasa dan Kamis pada bulan Agustus 2015.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 06.30 hingga pukul 08.00 ini berlangsung dengan baik. Seluruh peserta didik terlibat aktif dalam membersihkan Gedung Damian, salah satu gedung di Gereja St. Odilia, Citra Raya. Semua siswa berkumpul di halaman gereja dengan segala perlengkapan yang mereka bawa masing-masing. Beberapa siswa membawa sapu, pengki, kain dan gagang pel, serta ember. Sedangkan para siswa yang lain membawa lap/kanebo.

Setelah mendapatkan pengarahan dari wali kelas, seluruh peserta didik menuju ke lokasi masing-masing. Beberapa peserta didik membersihkan area lantai 1, beberapa peserta didik yang lain membersihkan area lantai 2, dan hampir setengah dari peserta didik membersihkan area lantai 3, yang ruangannya paling luas dari ketiga lantai yang ada.

Mereka memulai kegiatannya dengan menyapu lantai dan mengelap kaca, pintu, meja dan kursi di beberapa ruangan yang tidak terkunci serta selasar. Setelah itu, secara bergantian para peserta didik mengepel ruangan yang ada. Karena keterbatasan jumlah kain dan gagang pel, para peserta didik pun berinisiatif untuk menggunakan lap yang dibawanya untuk mengepel ruangan, dengan harapan untuk mempercepat proses pengepelan.

Inisiatif itu pun membuahkan hasil yang baik. Ruangan yang cukup luas dapat dibersihkan dalam waktu yang cukup singkat tersebut. Antusiasme dan semangat para peserta didik dalam melaksanakan kegiatan ini sungguh mencerminkan kepedulian mereka terhadap lingkungan, terutama lingkungan gereja.

Setelah itu, para peserta didik istirahat sejenak di area parkir gereja sambil beramah tamah. Kekompakan mereka dalam kegiatan ini menunjukkan rasa solidaritas dan kerja sama yang baik di kelas IX KPKC.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Find Me on

Diberdayakan oleh Blogger.

Category 2