Satu Hati Satu Semangat Tarakanita

Posted by : Unknown Sabtu, 03 Oktober 2015

Seminar tentang lalu lintas diadakan di Aula SMP Tarakanita Citra Raya dan dilaksanakan pukul 11.40 WIB. Seminar tersebut dihadiri oleh sekitar 126 peserta didik kelas VII karena acara ini memang dikhususkan bagi kelas VII. Salah satu tema dari  seminar adalah tertib lalu lintas. Tujuan diadakan seminar ini adalah supaya para peserta didik semakin memahami tentang ketertiban berlalu lintas, di mana jaman sekarang banyak anak-anak khususnya yang masih SMP sudah bisa mengendarai sepeda motor bahkan kadang mereka sudah berani mengendarai di jalan umum, karena diusia mereka saat ini sedang senang-senangnya mengendarai sepeda motor. Padahal hal ini sangat membahayakan. Untuk itulah sekolah mengadakan serminar tentang ketertiban berlalu lintas pada Senin (28/01).

Sebagai narasumber, sekolah menghadirkan Bapak AKP Teguh Wahyudi selaku Kapolres Panongan dan Bapak IPTU Nurokhman. Dalam pengantarnya Bapak Nurokhman terlebih dahulu menanyakan pada para peserta didik siapakah yang di rumah memiliki sepeda motor dan bisa mengendarai sepeda motor? Dari sekitar 126 peserta didik yang hadir, mereka sangat antusias ketika  beliau menanyakan hal tersebut, sebagian besar ternyata bisa mengendarai sepeda motor. Tetapi masalahnya adalah apakah mereka semua sudah mengetahui tentang peraturan-peraturan berkendara dan apa saja bahaya yang akan muncul apabila mereka tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Dalam kesempatan inilah Bapak Nurokhman menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah lalu lintas yang muncul apabila kita tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Diantaranya adalah kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan. Masalah yang mendasar ini terjadi bisa karena pengendara tidak mengetahui peraturan lalu lintas. Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya dapat berkendara dengan aman yaitu persiapan diri, persiapan kendaraan, disiplin di jalan/taati aturan sehingga akhirnya selamat sampai tujuan.

Hal terakhir yang disampaikan Bapak Nurokhman adalah tentang menjadi pengemudi yang baik diantaranya yaitu siap fisik, siap identitas (Surat Izin Mengemudi), menguasai teknik berkendara, mematuhi aturan lalu lintas, peduli keselamatan dan bertanggung jawab. Hal yang penting juga bagi pengendara yaitu konsentrasi, gunakan helm/sabuk pengaman, berpikir jauh ke depan, siap lakukan antisipasi cegah kecelakaan, pengendalian diri dan kendaraan.

Sebagai penutup beliau berpesan semoga ke depan anak-anak lebih memahami peraturan berlalu lintas sehingga semakin menyadari mematuhi peraturan yang ada itu sangatlah penting demi keselamatan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Find Me on

Diberdayakan oleh Blogger.

Category 2