Satu Hati Satu Semangat Tarakanita

Posted by : Unknown Kamis, 10 September 2015

Apa itu nilai? Nilai adalah hakekat suatu hal, yang menyebabkan hal itu pantas dikejar, dikagumi, dan diperjuangkan terus menerus oleh manusia demi peningkatan kualitas manusia. Nilai berkaitan erat dengan "kebaikan", maka nilai adalah kebaikan dari sesuatu hal yang dilakukan oleh manusia terhadap sesama atau dirinya sendiri.

Begitu juga dengan nilai-nilai keutamaan Tarakanita. Hal itu berarti semua nilai-nilai yang ada di Tarakanita adalah suatu kebaikan yang dilakukan oleh keluarga besar Tarakanita terhadap sesama maupun diri mereka sendiri.

Cc5

Compassion

Kata compassion berasal dari bahasa Latin, yaitu "Compassio-onis" yang berarti belas kasihan. Compassio berarti juga turut merasakan beban penderitaan orang lain, bersama-sama memikul beban penderitaan, namun bangkit mengatasi penderitaan itu bersama-sama.

Celebration

Secara harafiah, celebration berarti perayaan khusus dalam menandai suatu peristiwa kehidupan. Bagi orang beriman, seseorang yang merayakan sesuatu dalam kehidupannya berarti suatu ungkapan syukur kepada Tuhan atas segalanya. Berkat iman, kita semua mampu percaya dengan Tuhan dan kita tidak perlu khawatir akan hidup kita dan selalu bersyukur kepada Tuhan.

Competence

Kata competence diserap dari bahasa Latin Competens-entis, yang berarti berkuasa, berwenang, cakap, dan sanggup. Jadi maksud dari competence adalah suatu kesanggupan dan usaha tak kenal lelah untuk memiliki kecakapan dan kecerdasan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Conviction

Conviction berarti pendirian dan keyakinan. Orang yang memiliki nilai conviction adalah orang yang belajar untuk menghayati prinsip-prinsip kehidupan dengan keteguhan, dan berusaha untuk melaksanakan secara konsisten dalam segala aspek kehidupan.

Creativity

Creativity adalah kemampuan seseorang untuk berdaya cipta. Kemampuan tersebut dapat bersifat inovatif, yaitu kemampuan memasukkann hal-hal baru dan eksploratif dalam hal penjelajahan alam pikir.

Community

Community berasal dari bahasa Latin communitas-atis yang berarti persekutuan, persaudaraan, dan perkumpulan. Community bukan mengajarkan kita untuk membentuk suatu kelompok yang biasanya hanya diisi oleh sahabat-sahabat kita, namun, community dalam hal ini berarti kita harus membangun persaudaraan sejati dengan orang-orang  yang berada di sekitar kita, sehingga kita bisa saling membantu satu sama lain, tanpa membedakan apapun.

Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan (KPKC)

Banyak sekali berita-berita di media cetak maupun media elektronik tentang kekerasan, perkelahian pelajar, dan kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Ada sebagian orang yang peduli dan membentuk suatu komunitas untuk memperbaiki semua hal itunamun tidak sedikit juga orang yang tidak peduli dengan berita-berita tersebut.

Gereja adalah salah satu lembaga yang ikut peduli untuk menemukan akar permasalahan, yaitu rusaknya relasi yang harmonis antar manusia satu sama lain.

Keadilan (Justice)

Umumnya, keadilan dipahami sebagai memberikan apa yang menjadi hak orang lain dan menerima apa yang menjadi hak kita. Keadilan bersangkut paut dengan kebutuhan, hak, dan kewajiban setiap orang.

Perdamaian (Peace)

Kata damai dalam bahasa Ibrani adalah "syalom", yang berarti suatu keadaan yang aman, nyaman, dan penuh rahmat. Perdamaian terjadi karena adanya hubungan yang harmonis antara diri sendiri dan semua makhluk ciptaan Tuhan.

Keutuhan Ciptaan (Integrity of Creation)

Keutuhan adalah suatu keadaan yang tidak retak, terpecah-pecah, atau terpisah-pisah. Sedangkan ciptaan adalah semua makhluk ciptaan Tuhan. Jadi, keutuhan ciptaan adalah suasana hidup yang diwarnai oleh kesatu-paduan yang menyeluruh dari semua ciptaan Tuhan, hidup bersama di alam semesta sebagai saudara-saudari satu sama lain.

Disiplin dan Jujur

Disiplin

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, disiplin berarti ketaatan pada aturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku. Namun, disiplin bukan hanya menaati peraturan-peraturan yang ada, tetapi juga sikap hati yang tulus untuk mencapai sesuatu.

Jujur

Ada pepatah mengatakan "jujur hancur, tidak jujur berhasil". Mungkin kata-kata itu benar bagi orang yang hanya mengutamakan keberhasilan. Mereka akan menghalalkan segala cara untuk mencapai keberhasilan tanpa mempedulikan keadaan orang-orang di sekitarnya.

Jujur adalah sikap keterarahan hati untuk berperilaku dan berkata sesuai dengan yang sebenarnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Find Me on

Diberdayakan oleh Blogger.

Category 2